Rabu, 17 September 2014

Ilmu Pemerintahan

Keunggulan

Mewujudkan kemampuan menyusun dan mengevaluasi kebijakan public, bernegisiasi, Public speaking, Analisa Politik Lokal, dan mendesign arah kebijakan pemerintahan daerah dalam mewujudkan konsep Good Governance.


Perkembangan ilmu pemerintahan

Perkembangan ilmu pemerintahan di Indonesia, sampai saat ini sudah masuk pada generasi keempat. Generasi pertama, yakni sejak dari jaman kerajaan kuno sampai kerajaan semi-modern hingga datangnya penjajahan Belanda. Ilmu pemerintahan pada masa itu bersifat local, serta belum memiliki cirri-ciri universal. Generasi kedua, mulai dari penjajahan Belanda sampai tahun 1950-an, dimana ilmu pemerintahan dipelajari sebagai bagian dari ilmu hukum. Kemudian generasi ketiga, mulai dari tahun 1950 sampai dengan sekarang, dimana ilmu pemerintahan merupakan bagian dari ilmu politik. Sedangkan generasi keempat, sekarang ini dimana ilmu pemerintahan dipelajari sebagai ilmu yang mandiri terlepas dari ilmu hukum maupun ilmu politik.
Pengembangan ilmu pemerintahan dewasa ini termasuk cukup menggembirakan. Sudah mulai banyak perguruan tinggi yang mengembangkan program S2 maupun S3 bidang pemerintahan. Diharapkan pada masa-masa mendatang akan semakin banyak teori dan konsep pemerintahan yang dihasilkan.
Seiring dengan paradigma pengembangan ilmu lainnya yang mengarah pada pendekatan konvergensi sebagai pengganti pendekatan divergensi (lihat Immanuel Wallerstein dengan konsep ‘ world system’ – nya), maka ilmu pemerintahan juga perlu dikembangkan melalui pendekatan konvergensi. Artinya pemisahan secara tajam antara satu bidang ilmu dengan bidang ilmu lainnya sudah selayaknya tidak digunakan lagi. Melalui pendekatan konvergensi, ilmu pemerintahan justru akan dapat dikembangkan dengan pesat karena akan leluasa meminjam teori dan konsep dari berbagai ilmu lainnya, tanpa perlu mengingat lagi locus dan focus suatu ilmu. Bagi masyarakat, ilmu apapun harus dapat menjelaskan gejala dan atau peristiwa yang sedang menjadi pembahasan secara logis, rasional serta sistematis, sehingga ilmu tersebut bermanfaat bagi kehidupan.

Sumber : http://pemerintahan.umm.ac.id/home.php?c=0202031106&lang=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar